Dua Turis AS Masuk Bui Setelah Berfoto Tidak Senonoh di Kuil Suci Thailand

Kamis, 30 November 2017 | 18:48
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
MELANGGAR: Dua turis AS (tengah) ditahan begitu mereka melakukan check-in di imigrasi bandara Bangkok, Thailand. (Kepolisian Imigrasi Thailand via BBC)

INDOPOS.CO.ID – Pasangan asal San Diego, Amerika Serikat ini harus mengakhiri liburannya di Thailand di dalam bui. Joseph dan Ravis Dasilva ditangkap polisi saat mereka berada di Bandara Dong Mueang, Bangkok, Thailand. Rencananya, mereka akan pulang ke AS.

Keduanya mendapat tuduhan serius. Berperilaku tidak sopan karena berfoto dengan menunjukkan bokong mereka di kuil suci, Wat Arun. Foto tersebut diunggah keduanya di akun Twitter dan Instagram.

Thailand memiliki undang-undang yang sangat ketat mengenai perilaku yang dianggap tidak menghormati dan menyinggung agama Buddha. Ancaman mulai denda, deportasi, sampai penahanan.

Foto tidak senonoh turis AS.

INI SEBABNYA: Dua foto di kuil Wat Arun ini diunggah keduanya dalam akun media sosial. (Instagram, Twitter)

 

Kedua turis tersebut sudah ditahan Selasa (28/11) malam. ”Begitu mereka melalui dakwaan, imigrasi Thailand akan mencabut visa mereka dan akan dideportasi," kata Col Choengron Rimpadee wakil juru bicara kepolisian. ”Mereka juga akan masuk daftar hitam untuk kembali ke Thailand,” tambahnya.

Mereka juga akan didenda karena dinilai telah menghina publik. Nilainya sekitar TBH 5.000 atau Rp 2 juta. Namun pejabat publik mengatakan bahwa hukuman mereka bisa lebih berat dari itu.

San Diego Gay and Lesbian News mengutip komisaris kota San Diego mengatakan bahwa keduanya sudah meminta pendampingan. ”Meskipun saya sangat kecewa dengan tindakan mereka, saya berbicara dengan pejabat pemerintah AS untuk mengetahui bantuan apa yang dapat kami berikan kepada mereka,” kata Nicole Murray-Ramirez, komisaris San Diego Gay and Lesbian News.

Buat para wisatawan yang berpergian ke negeri orang, memang wajib mematuhi aturan yang berlaku. Tidak hanya di Thailand, tetapi negara lain juga. Pada tahun 2015, empat turis Eropa menerima hukuman penjara dan denda di Malaysia karena berpose semi telanjang di Gunung Kinabalu yang dianggap sakral. Juga pada tahun 2015, dua wanita Amerika ditangkap, didenda, dan dideportasi karena mengambil foto telanjang di kompleks Angkor Wat di Kamboja.(ce1/iml/JPC)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%