Ini Situasi Ritz Carlton Tempat Penahanan Para Pangeran Arab

Selasa, 07 November 2017 | 20:25
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
BINTANG LIMA: Hotel Ritz Carlton di Riyadh, Arab Saudi, ini menjadi tempat penahanan para pangeran yang ditangkap beberapa hari lalu. (REUTERS)

INDOPOS.CO.ID – Mereka adalah pangeran, menteri, dan pejabat tinggi Kerajaan Arab. Tetapi, dalam semalam, semua berubah. Keputusan Pangeran Mahkota Mohammed bin Salman untuk menangkap mereka membuat mereka menghabiskan malam jauh dari kesan mewah.

Memang, masih tetap tidur di hotel, Hotel Ritz Carlton di Riyadh, Arab Saudi, tepatnya. Namun, bukan kamar presiden suit yang mereka tinggali. Sebanyak 11 pangeran, menteri, pejabat, dan pengusaha itu ditempatkan secara bersamaan di salah satu hall hotel tersebut.

Mereka menunggu nasib mereka penyusul penangkapan mereka dalam pembersihan antikorupsi terbesar dari sejarah modern kerajaan tersebut.

Pangeran Saudi Ditangkap KPK

BEDA: Para pangeran, pejabat, dan pengusaha melewati malam dengan tidur di hall ini (kiri). Sebulan yang lalu hall ini digunakan untuk acara internasional. (Daily Mail, Reuters)

 

Dalam sebuah foto yang diperoleh secara eksklusif oleh DailyMail.com, mereka terbungkus selimut dan tidur di kasur tipis. Sumber-sumber Saudi mengatakan bahwa di antara mereka yang ada di ruangan tersebut adalah investor miliarder Pangeran Al-Waleed bin Talal, yang merupakan keponakan raja.

Pangeran Talal dinobatkan sebagai salah seorang orang terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai USD 18 miliar. Dia pun memiliki saham di Twitter, Lyft, dan Citigroup. Foto tersebut mencuat berbarengan dengan twit dari Presiden AS Donald Trump. Trump yang sedang melakukan lawatan ke Asia mengindikasikan kalau dia mendukung tindakan yang diambil Pangeran Mohammed bin Salman.

Dalam dua twit yang dikirim saat Trump bersiap untuk meninggalkan Jepang ke Korea Selatan, dia menulis, ”Saya memiliki kepercayaan yang besar pada Raja Salman dan Putra Mahkota Arab Saudi, mereka tahu persis apa yang mereka lakukan. Beberapa dari mereka melakukan tindakan kasar dengan memerah susu negara sendiri selama bertahun-tahun!” tulisnya.

Meski DailyMail.com tidak memiliki cara untuk memverifikasi kalau itu adalah foto para pangeran, namun foto-foto tersebut dari sumber-sumber di pemerintahan Saudi. Sebelumnya, ada desas desus kalau mereka yang ditahan akan mendapatkan akomodasi di Ritz Carlton. Memang benar. Tetapi, bukan di kamar.

Ruangan yang digunakan adalah hall yang biasa digunakan untuk acara-acara besar. Hall mewah dengan karpet tebal, lampu gemerlap, dan interior mewah itu berubah bak kamp pengungsian. Selimut yang digunakan tipis, pun dengan matras untuk alas tidur.

Tak hanya itu, ironisnya ruang itu bulan lalu menjadi tuan rumah Konferensi Investasi Masa Depan. Itu adalah pertemuan para pemimpin bisnis dunia. Dalam acara itu Pangeran Mohammed bin Salman menekankan komitmennya untuk mengubah Arab Saudi menjadi Islam moderat. Dan, beberapa pangeran dan pejabat yang ditangkap, menghadiri acara tersebut.

Di ruangan itu pun menjadi tuan rumah Donald Trump saat dia mengunjungi kerajaan tersebut dalam lawatan asing pertamanya awal tahun ini, Di sanalah dia bertemu dengan putra mahkota. (tia/Daily Mail/ce1/JPC)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%