Ini Pemenangnya, Kasus si Monyet Selfie Diketok Pengadilan

Selasa, 12 September 2017 | 17:56
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
MENYATU: David Slater menetap di hutan Sulawesi untuk mendapatkan gambar yang baik. (David Slater via BBC)

INDOPOS.CO.ID – Akhirnya, nasib si monyet selfie diputuskan juga. Setelah melewati dua tahun persidangan, kasus yang melibatkan foto ”selfie” monyet macaque yang diambil di pedalaman hutan Sulawesi pada 2011 usai sudah.

Pengadilan memutuskan untuk memenangkan sang fotografer, David Slater, atas hak kepemilikan foto ikonik tersebut.

Kasus ini sendiri dibawa ke pengadilan setelah kelompok hak asasi hewan, PETA, mengklaim kalau foto yang menunjukkan si monyet tersenyum lebar itu adalah bukan milik Slater. Foto itu adalah milik si monyet yang kemudian diberi nama Naruto.

AKU CAKEP: Foto ini yang menjadi polemik.

AKU CAKEP: Foto ini yang menjadi polemik. (David Slater via BBC)

 

Alasannya, foto itu dijepret sendiri oleh Naruto meski menggunakan kamera Slater. Karena milik Naruto, PETA mengklaim Slater tidak berhak mendapatkan hak cipta dari foto itu. Dan uang yang didapatkan dari penjualan foto itu pun seharusnya full menjadi milik Naruto.

Tetapi, pengadilan ternyata membela Slater. Hakim yang menyidangkan kasus ini di San Fransisco, Amerika Serikat, mengatakan bahwa perlindungan hak cipta tidak dapat diterapkan pada monyet tersebut.

Dan permohonan PETA agar semua pendapatan yang terkait dengan foto itu digugurkan oleh pengadilan. Meski demikian, Slater telah setuju untuk menyumbangkan 25 persen dari pendapatan yang diperolehnya dari foto itu untuk disumbangkan ke lembaga amal yang terpercaya. Lembaga yang dipilih adalah lembaga yang didedikasikan untuk melindungi kesejahteraan habitat Naruto.

"Kasus ini memicu diskusi internasional tentang perlunya memperluas hak asasi manusia kepada hewan untuk kepentingan mereka sendiri, bukan sekedar menghindari eksploitasi manusia,” kata pengacara PETA Jeff Kerr.

Slater yang berjuang selama dua tahun atas foto itu membela diri dengan menyebutkan kalau dia menghabiskan banyak waktu untuk berada di komonitas si monyet. Itu dilakukan agar kawanan merasa nyaman dengan keberadaannya.

Kenyamanan itu pun diwujudkan dengan mengizinkan kawanan monyet untuk memegang kamera dan barang-barang pribadi Slater. Sampai kemudian, salah satu monyet menyambil kamera dan menjepretnya. Hasilnya.... kocak. (tia/BBC/JPC)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%