Intip Suasana Khusyuk Idul Adha di Birmingham Inggris

Sabtu, 02 September 2017 | 17:09
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Suasana salat Ied di Birmingham Inggris (Istimewa/Birmingham Mail)

INDOPOS.CO.ID - Suasana syahdu dan khusyuk terlihat dalam perayaan Idul Adha di Birmingham, sebuah kota di West Midlands, Inggris. Tercatat pada tahun 2017, ada 106 ribu umat Muslim di Birmingham yang merayakan Idul Adha. Tentu jumlah itu menjadi angka terbesar kaum muslim di Inggris.

Sama halnya seperti di negara mayoritas muslim lainnya, tercermin pula ibadah salat Idul Adha yang dilakukan warga muslim di Birmingham. Pria, perempuan, anak-anak semuanya menunaikan salat Idul Adha sebeum merayakan penyembelihan hewan kurban dan menikmati wisata kuliner.

Idul Adha dipercaya sebagai momentum untuk berkurban. Idul Adha dimulai pada hari ke-10 Zulhijah hingga ke-12. Kaum muslim di penjuru dunia juga menunaikan ibadah haji di Mekkah, sebuah perjalanan religius sebagai kewajiban rukun islam.

Suasana salat Ied di Birmingham Inggris

Suasana salat Ied di Birmingham Inggris (Istimewa/Birmingham Mail)

 

Tahun ini, Idul Adha tepat jatuh pada tanggal 1 September di hari Jumat. Di Birmingham, perayaan sedikit berbeda. Biasanya perayaan Idul Adha dilaksanakan di taman Small Heath Park yang banyak menjadi simbol umat muslim.

Namun cuaca buruk di Birmingham membuat pihak penyelenggara mengumumkan perayaan salat Idul Adha akan dilaksanakan di Masjid. "Setelah pemeriksaan lokasi di Small Heath Park akibat cuaca buruk baru-baru ini dan akibat hujan terus-menerus di lapangan telah menyebabkannya sajadah dan fasilitas salat terganggu," kata Juru Bicara Small Heath Park seperti dilansir dari Birmingham Mail, Sabtu (2/9).

"Selain itu, kerusakan jalan dan gangguan lalu lintas di sekitar taman dan di sekitarnya juga akan membuat akses ke taman ini becek bagi pejalan kaki dan pejalan kaki. Oleh karena itu kami telah memutuskan bahwa Idul Adha Salah akan diadakan di Masjid Green Lane," tambahnya.

Pihak pengelola memohon maaf atas ketidaknyamanan tersebut. Green Lane akan menggelar salat jam 8.30 pagi, 09.30 dan 10.30. Pria masuk melalui Little Green Lane Door H dan wanita melalui Door F. Beberapa ribu orang diperkirakan ada di masjid.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pameran karya Robert Wilkinson juga akan dipamerkan di Small Heath Park, meski ibadah dipindahkan ke dalam masjid. Selain pameran, ada pula pasar malam yang selalu digelar setiap kali Idul Fitri dan Idul Adha.

Pameran akan digelar di taman pada hari Jumat, Sabtu, Minggu dan Senin, dan buka dari siang sampai jam 8 malam setiap hari. Harga tiket masuknya dipastikam terjangkau. (ika/JPC)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%