Kisah-kisah Unik Saat Terjadi Gerhana Matahari Total di AS

Rabu, 23 Agustus 2017 | 18:39
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
SEKUEN: Tahap demi tahap terjadinya gerhana matahari yang terekam kamera di Clingmans Dome di ketinggian 2.025 meter. Ini merupakan titik tertinggi di taman nasional Great Smoky Mountains, Tennessee, AS. (JONATHAN ERNST/REUTERS)

INDOPOS.CO.ID - Gerhana matahari total yang terjadi di Amerika Serikat (AS) Senin (21/8) tidak akan pernah dilupakan Freedom Eubanks. Beberapa jam sebelum fenomena alam itu terjadi, Eubanks kontraksi dan melahirkan.

Padahal, seharusnya jadwal kelahiran bayinya adalah 3 September mendatang. Bayi perempuan yang memiliki panjang 48 sentimeter dan berat 2,8 kilogram tersebut diberi nama Eclipse Alizabeth Eubanks.

’’Rupanya, memang sudah takdir saya melahirkan hari ini,’’ ujar Eubanks. Baby Eclipse lahir pukul 08.04 waktu setempat di Greenville Memorial Hospital, Greenville, South Carolina, atau dua jam sebelum gerhana matahari dimulai. Eubanks merasa takjub karena awalnya dia berencana melihat terjadinya gerhana matahari total bersama dengan anak pertamanya, Grayson.

MAJU DUA PEKAN: Harusnya, Freedom Eubanks melahirkan 3 September nanti. Namun karena ingin bayinya lahir di saat istimewa, yakni gerhana matahari, dia pun menjalani operasi caesar Senin (21/8). Bayi p

MAJU DUA PEKAN: Harusnya, Freedom Eubanks melahirkan 3 September nanti. Namun karena ingin bayinya lahir di saat istimewa, yakni gerhana matahari, dia pun menjalani operasi caesar Senin (21/8). Bayi p (ABC)

 

 

South Carolina merupakan salah satu di antara 12 negara bagian di AS yang mengalami gerhana matahari total. Namun, keinginan Eubanks itu tidak bisa terlaksana karena perutnya kontraksi. Keluarganya sempat kaget dengan nama yang diberikan untuk si bayi, namun kini mereka sudah bisa menerima.

Baby Eclipse bukan satu-satunya yang lahir pada hari terjadinya gerhana matahari total. Di Greenville Memorial Hospital, terdapat sepuluh bayi lainnya yang lahir pada momen istimewa itu.

Gerhana matahari total itu memang disambut luar biasa oleh penduduk AS. Presiden AS Donald Trump, First Lady Melania, dan putra mereka Baron juga ikut menyaksikan dari White House. Para pemburu gerhana juga sudah siap dengan kamera mereka untuk mencari spot foto terbaik. Gerhana matahari selanjutnya di AS bakal terjadi 8 April 2024. (ABC News/BBC/sha/c4/any)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%