Buntut Tabrakan Kapal AS dengan Tanker, Sang Komandan Langsung Dipecat

Rabu, 23 Agustus 2017 | 17:43
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
RUSAK: Bagian lambung kapal USS John S McCain yang rusak akibat kecelakaan. (REUTERS)

INDOPOS.CO.ID - Angkatan Laut Amerika Serikat mengambil keputusan untuk memecat Laksamana Madya Joseph Aucoin sebagai komandan Armada ke-7 seiring tabrakan mematikan antara USS John S. McCain dan sebuah kapal tanker minyak di Malaysia.

Itu adalah kecelakaan keempat yang melibatkan kapal perang AS tahun ini dan tabrakan fatal kedua. Laksamana Scott Swift, komandan Armada Pasifik AS, membebas tugaskan Aucoin karena dinilai sudah tidak memiliki kemampuan untuk memerintah. ”Tugaskan akan digantikan oleh Laksamana Muda Phil Sawyer,” kata Swift.

Aucoin sebenarnya akan pensiun tahun ini. Tetapi sepertinya masa itu dipercepat karena insiden kecelakaan itu. New York Times melaporkan. Aucoin telah memerintahkan armada yang berbasis di Jepang itu sejak September 2015.

Seperti dilansir Jawa Pos hari ini, harapan untuk menemukan sepuluh korban yang hilang akibat tabrakan kapal USS John S. McCain dengan tanker Alnic MC di Selat Malaka Senin pagi (21/8) dalam kondisi selamat kian tipis.

Kemarin (22/8) penyelam yang melakukan pencarian telah menemukan jenazah sebagian anggota Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat tersebut. Para korban ternyata terjebak di lambung kapal yang tertutup karena tabrakan.

Swift tidak menjelaskan secara detail jumlah jenazah yang ditemukan. Dia hanya menegaskan bahwa pencarian akan terus dilakukan hingga tidak ada lagi harapan. ”Otoritas Malaysia juga melaporkan bahwa pihaknya menemukan jenazah. Mereka kini sedang mengidentifikasinya,” ungkapnya kepada para jurnalis di Changi Naval Base Singapura. USS John S. McCain kini berada di pangkalan tersebut untuk perbaikan.

AL Malaysia mengonfirmasikan bahwa satu jenazah ditemukan di 8 mil laut sebelah barat laut lokasi tabrakan. Jenazah itu akan diserahkan kepada AL AS hari ini untuk proses identifikasi. Swift mengungkapkan, saat ini tengah dilakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab kecelakan. Bukan hanya untuk kecelakan antara USS John S. McCain dan tanker Alnic MC, tapi juga tiga kapal tempur AS lainnya yang terlibat tabrakan sepanjang tahun ini.

Salah satu yang cukup fatal adalah tabrakan USS Fitzgerald dengan kapal kontainer Filipina di lepas pantai Jepang. Tujuh personel AL AS tewas. ”Ini tidak bisa diterima dan kami harus mencari tahu akar masalahnya,” ujar Wakil Presiden AS Mike Pence. Sumber CNN mengungkapkan, dugaan sementara, penyebab kecelakaan itu adalah kerusakan kemudi saat kapal mendekati Selat Malaka. (tia/CNN/Reuters/JPC)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%