Inilah Kemitraan Indonesia - Rusia

Rabu, 09 Agustus 2017 | 19:39
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
Foto : istimewah

INDOPOS.CO.ID - Hubungan bilateral Indonesia-Rusia dimulai dengan disepakatinya deklarasi bersama persahabatan dan kemitraan di abad ke-21 pada tahun 2003 lalu. Empat belas tahun sinergi melalui dua Menteri Luar Negeri (Menlu) masing-masing menorehkan berbagai capaian yang menguntungkan dua belah pihak.

 
Bagi Indonesia sendiri, torehan positif nampak dari beberapa bidang yang telah dimitrakan. Menlu RI Retno L.P. Marsudi menyampaikan hubungan Indonesia - Rusia kini semakin erat terlebih dengan ditekennya Rencana konsultasi Indonesia dengan Rusia.
 
Dalam bidang ekonomi sendiri, menurut Retno, saat ini Indonesia berusaha meningkatkan explosive lisensi Indonesia di Rusia. 
 
"Dalam dua tahun ini kita gencar melakukan promosi ekonomi melalui Festival Indonesia yang setiap hari dilakukan di Moscow selama 3 hari," ujar Menlu RI di Jakarta, Rabu (9/8/2017).
 
Festival yang tahun ini dilaksanakan 4-6 Agustus kemarin, merepresentasikan keunggulan indonesia di bidang UKM, wisata dan bisnis forum.
 
"Tanggapan dari masyarakat dan kalangan bisnis Rusia sangat antusias, karena pada tahun 2016 pengunjung yang hadir mencapai 68.000 orang sementara tahun ini jumlahnya meningkat menjadi 91.600 orang," klaim Retno.
 
Kemudian di sektor pariwisata, Menlu RI menuturkan wisatawan Rusia yang berkunjung ke Indonesia mengalami peningkatan siginfikan.
 
"Di tahun 2016 wisatawan rusia meningkat 22,5 persen dibanding 2015 dan bahkan pada lima bulan pertama Januari - Mei wisatawan yang datang meningkat lebih dari 62 persen," jelasnya.
 
Selanjutnya disektor perdagangan, untuk menembus produk makanan Indonesia di Rusia, Indonesia saat ini telah memiliki komponen display terbesar yang diperuntukan untuk negara. 
 
"Dalam sektor perdagangan juga menunjukan perkembangan yang pesat," katanya.
 
Saya, lanjut Retno, mencatat pada tahun 2016 peningkatan nilai perdagangan meningkat 6,3 persen dan diawal tahun 2017 dari bulan Januari-April peningkatan perdagangan sudah meningkat lebih 50 persen. 
 
"Ini menunjukan pencapaian luar biasa kita dari waktu ke waktu dalam bidang perdagangan, investasi dan lain lain. Kita juga akan tingkatkan lagi dengan Rusia. Beberapa investor Rusia sudah lama beroperasi di Indonesia," pungkasnya.  (jaa)
Editor : Syahrir Lantoni
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%