Nantikan Kekacauan Baru Oscars Tahun Depan

Kamis, 18 Mei 2017 | 18:25
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
MENGESANKAN: Penampilan Jimmy Kimmel saat memandu Academy Awards Ke-89 pada 26 Februari lalu disebut sebagai salah satu yang terbaik. (JUST JARED)

INDOPOS.CO.ID - Jimmy Kimmel, 49, mungkin sempat berpikir karirnya sebagai host Oscars bakal tamat begitu saja. Di puncak acara yang dibawakannya pada 26 Februari lalu, terjadi kesalahan besar. Gara-gara salah amplop, Warren Beatty dan Faye Dunaway mengumumkan La La Land sebagai pemenang film terbaik. Padahal, Moonlight-lah jawara sebenarnya.

Namun, panitia The Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) melihatnya berbeda. Kimmel justru dianggap berhasil membawakan malam prestisius penghargaan film Hollywood itu. Pemilik program bincang-bincang Jimmy Kimmel Live! sejak 2003 itu kembali dipercaya membawakan Oscars tahun depan.

Ini merupakan kali pertama sejak 1990 Academy Awards memilih host yang sama dua tahun berturut-turut. ”Jika kalian anggap kami mengacaukan ending tahun ini, tunggu apa yang kami siapkan untuk merayakan ulang tahun Oscars yang ke-90 tahun depan,” kata Kimmel dikutip dari Los Angeles Times kemarin.

Penyelenggara juga mengumumkan bahwa Michael De Luca dan Jennifer Todd kembali menjadi produser acara yang tahun depan digelar pada 4 Maret itu. ”Tim Oscars kami tahun ini membawakan acara dengan hasil review yang bagus sekali,” kata Dawn Hudson, chief executive AMPAS.

Kimmel memang sukses membawakan Oscars. Berbagai gimmick yang dikeluarkannya menjadi senjata ampuh memancing tawa. Bukan hal mudah membuat undangan di Dolby Theatre, Los Angeles, itu tetap anteng menikmati acara mengingat durasinya lumayan panjang, tiga setengah jam. Isi acaranya juga nyaris monoton, yakni: membacakan pemenang berbagai kategori.

Disiarkan lewat ABC, acara itu disaksikan 32,9 juta penonton. Turun 4 persen dibanding tahun sebelumnya saat dibawakan Chris Rock. Menurut data Nielsen, jumlah penonton Oscars yang dibawakan Kimmel itu terendah sejak 2008. Meski begitu, catatan tersebut tak memengaruhi keputusan AMPAS. ”Jimmy, Mike (Michael), dan Jennifer merupakan Oscars Dream Team,” ujar Cheryl Boone Isaacs, presiden AMPAS. ”Mike dan Jennifer memproduksi acara yang menawan dengan tampilan visual mengagumkan. Dan Jimmy membuktikan, dari pembukaan hingga final, monolog-monolognya tak pernah bisa kami tebak. Dia merupakan salah seorang host terbaik sepanjang sejarah Oscars,” imbuh Boone Isaacs.

Sebelum Kimmel, host dua tahun berturut-turut Oscars dipegang Billy Crystal pada 1997 dan 1998. ”Membawakan Oscars adalah bagian terang dalam karir. Terima kasih kepada Cheryl (Boone) dan Dawn (Hudson) karena meminta saya kembali bergabung dengan dua orang favorit saya, Mike De Luca dan Jennifer Todd,” tutur Kimmel.

Pengumuman tersebut mengubah tradisi Academy. Biasanya presiden AMPAS memilih dulu produser acara, baru kemudian produser yang akan memilih host. Ini juga merupakan tahun terakhir Boone Isaacs menjadi presiden Academy karena Juli nanti anggota AMPAS akan memilih pemimpin baru. Seperti tak perlu menunggu siapa yang akan menjadi presiden barunya, Academy memilih untuk segera mengumumkan rencana tahun depan.

Diharapkan, dengan penunjukan awal ini, baik Kimmel, De Luca, maupun Todd bisa mempersiapkan diri lebih matang untuk acara yang bahkan nominenya saja belum bisa ditebak saat ini. Untuk penyelenggaraan Oscars ke-89, pemilihan Todd dan De Luca baru diumumkan pada awal November 2016, sedangkan Kimmel baru dikabari awal Desember. ”Mungkin saya pilihan kedelapan,” canda Kimmel kepada The Hollywood Reporter. ”Butuh waktu lama juga untuk membuat mereka meminta saya memandu acaranya,” tambah ayah empat anak tersebut. (fam/c17/ayi)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%