Bebaskan Mosul sebelum Ramadan

Rabu, 17 Mei 2017 | 20:36
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
PENYINTAS: Anak pengungsi Iraq minum air bersama keluarga di tengah medan tempur antara Iraqi Counter Terrorism Service (CTS) dan ISIS di sisi barat Mosul, Iraq, kemarin. (Danish Siddiqui/REUTERS)

INDOPOS.CO.ID - Perang antiteror di Kota Mosul hampir berakhir. Pasukan Iraq yang didukung militer Amerika Serikat (AS) optimistis akan memenangkan perang sebelum Ramadan atau paling lambat 27 Mei. Kemarin (16/5) mereka menduduki Old City atau Kota Kuno yang menjadi benteng pertahanan terakhir ISIS.


’’Musuh sudah berada di ambang kekalahan,’’ tandas Kolonel John Dorrian, komandan Angkatan Udara (AU) AS, dalam jumpa pers di Kota Baghdad. ISIS, menurut dia, sudah tersingkir dari Mosul. Khususnya kawasan pusat kota. Kemarin pasukan Iraq menyebarluaskan selebaran lewat udara ke permukiman-permukiman warga. Dalam selebaran itu, militer memberitahukan kepada warga bahwa pihaknya nyaris menang.


Pertempuran tujuh bulan di Mosul itu sempat tersendat di awal tahun karena cuaca yang tidak bersahabat. Kendati demikian, semangat pasukan Iraq untuk membebaskan Mosul dari ISIS tidak pernah surut. Dengan bantuan aksi udara militer AS, pasukan Iraq berhasil merebut pusat kota. Dalam waktu dekat, Masjid Al-Nuri yang menjadi lambang kejayaan ISIS di Old City juga akan jatuh ke tangan pasukan pemerintah.


’’Kami pastikan bahwa tidak lama lagi Mosul akan kembali ke pangkuan Iraq. Dan, bendera Iraq bakal kembali berkibar di sini. Di Old City,’’ ujar Brigjen Yahya Rasool, juru bicara militer Iraq. Karena masifnya serangan, belakangan banyak pejuang ISIS yang melarikan diri dari Mosul. (Reuters/hep/c4/sof)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%