Trump Minta Direktur FBI Hentikan Penyelidikan Kasus Besar

Rabu, 17 Mei 2017 | 17:53
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
PANAS: Donald Trump dan James Comey pada dua kesempatan yang berbeda. (REUTERS/Jim Lo Scalzo/Pool, Gary Cameron/File Photo)

INDOPOS.CO.ID – Ada udang di balik batu. Keputusan Donald Trump memecat Direktur FBI James Comey sepertinya pas digambarkan dengan peribahasa lawas itu. Berdasar laporan media-media Amerika, Trump disebutkan pernah meminta Comey untuk menghentikan penyelidikan mengenai kasus besar yang melibatkan Michael Flynn.

Flynn adalah mantan penasehat keamanan nasionalnya yang sedang diselidiki FBI seiring hubungannya dengan Rusia. ”Saya harap Anda bisa melepaskan ini,” kata Trump kepada Comey setelah rapat Gedung Putih pada Februari. Kalimat yang diucapkan tepat sehari setelah Flynn mengundurkan diri itu pun langsung ditulis Comey dalam sebuah memo.

Gedung Putih pun menyangkal berita itu. ”Presiden tidak pernah meminta Comey atau siapa pun untuk mengakhiri penyelidikan. Termasuk penyelidikan yang melibatkan Jenderal Flynn,” tulis Gedung Putih dalam pernyataan resminya.

Flynn “dipaksa” melepaskan jabatan yang baru disandangnya setelah terungkap kalau Flynn melakukan pembicaraan dengan duta besar Rusia sebelum Trump menjabat sebagai presiden. Dan, pada Mei ini, “giliran” Comey yang dipecat oleh Trump.

Pemecatan itu bikin Washington shock. Pasalnya, penyelidikan mengenai hubungan antara Trump dengan Rusia yang masih dilakukan FBI belum usai. Kritikus menuduh Trump berusaha menghentikan penyelidikan yang berpusar pada keterlibatan Rusia dalam pemiliu As dan hubungan antara Moskow dengan lingkaran utama Trump. (cnn/bbc/usatoday/tia)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%