Pemandangan Gunung Es Nyangkut Jadi Incaran Turis

Kamis, 20 April 2017 | 20:23
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
BIKIN TAKJUB: Pemandangan gunung es pertama yang tiba di Newfoundland, Kanada. Setiap tahun, mulai akhir April hingga awal September, kawasan ini menjadi jujukan turis yang ingin menikmati pemandangan bongkahan es dari kutub utara. (Greg Locke/Reuters)

INDOPOS.CO.ID - Sejak akhir pekan lalu, Kota Ferryland kedatangan tamu istimewa. Sang tamu pun langsung membuat kota kecil di Provinsi Newfoundland and Labrador, Kanada, itu jadi jujukan wisatawan. Baik lokal maupun mancanegara. Sebab, tamu yang dimaksud adalah bongkahan es raksasa yang datang dari artik.

Dikenal sebagai Iceberg Alley alias Lembah Gunung Es, Newfoundland and Labrador sebenarnya tidak asing dengan bongkahan es. Termasuk yang ukurannya superjumbo sekaligus. Tiap musim semi hingga musim panas atau April–September, perairan di provinsi paling timur Kanada itu selalu menjadi jalur lalu lintas gunung es berbagai ukuran.

”Gunung es yang satu ini sepertinya akan tertahan di sana untuk waktu yang lama. Bahkan, bisa sampai September,” kata Wali Kota Adrian Kavanagh dalam wawancara dengan The Canadian Press kemarin (19/4).

Sejak akhir pekan lalu sampai kemarin, gunung es yang menyedot perhatian publik itu tidak berpindah tempat. Jangankan bergerak, bergeser saja tidak.

Saking besarnya gunung es tersebut, puncaknya yang menyembul di atas air saja bisa terlihat dari Southern Shore alias jalan raya utama Ferryland. Meski lokasinya agak jauh dari perairan, jalan raya tersebut mendadak padat oleh wisatawan.

Sebab, dari lokasi itu, puncak gunung es terlihat jelas. Para turis menjadikan puncak gunung es tersebut sebagai latar belakang foto mereka.

Turis-turis penggila foto itulah yang membuat Ferryland tiba-tiba padat. ”Ini kabar baik bagi biro perjalanan wisata dan para pemilik penginapan maupun restoran di kota ini,” ujar Kavanagh yang kemarin ikut-ikutan menjadi turis.

Kota yang berjarak sejam perjalanan darat dari Kota St John itu pun menjadi perbincangan hangat netizen di seluruh penjuru dunia sejak akhir pekan lalu. (BBC/theindependent/hep/c10/any)

Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%