Asrama di Turki Terbakar, 12 Orang Dilaporkan Tewas

Kamis, 01 Desember 2016 | 22:33
Share:
Facebook Share
Twitter Share
Google Plus Share
MEMBARA: Asrama yang terbakar di Turki. Foto: Harianbernas


INDOPOS.CO.ID –  Korsleting listrik mengakibatkan sebuah asrama putri di kota Aladag, Provinsi Adana, Turki, terbakar pada Selasa malam (29/11). Sebanyak 12 orang dilaporkan tewas. Yakni, 10 remaja berusia 14 tahun, anak perempuan manajer asrama yang masih berusia 4 tahun, dan seorang staf pengajar. 
 
Pemerintah Turki, Kamis (30/11) akhirnya menahan enam orang. Mereka dianggap lalai sehingga bencana yang merenggut korban jiwa tersebut terjadi. Salah satu yang ditahan adalah manajer asrama yang kehilangan anaknya itu. 
 
Asrama yang terbakar tersebut merupakan milik komunitas keagamaan yang menyebut dirinya sebagai Suleymanci. Para siswa tinggal di asrama itu karena asrama milik pemerintah tengah dibangun untuk diperbesar. 
 
Bangunan asrama tersebut terdiri atas dua lantai. Api kali pertama muncul di lantai satu dan dengan cepat menyebar ke lantai atas. Sebab, mayoritas interior bangunan terbuat dari kayu dan lantai-lantainya dilapisi karpet. Mereka yang berada di lantai 2 memecah jendela, lalu melompat untuk menyelamatkan diri. Akibatnya, 24 orang terluka. ’’Mereka hanya mengalami luka ringan,’’ ujar Gubernur Adana Mahmut Demirtas. 
 
Mereka yang meregang nyawa mayoritas tidur di lantai atas. Wali Kota Aladag Huseyin Sozlu menyatakan bahwa mereka tidak berhasil membuka pintu darurat dan akhirnya terjebak. Mereka terbakar cukup parah. Pihak yang berwenang harus melakukan tes DNA satu per satu untuk menentukan identitas mereka. 
 
Wakil Perdana Menteri Veysi Kaynak membantah bahwa pintu darurat terkunci. Berdasar penyelidikan awal, pintu darurat bisa dipakai. Tirai di dekat pintu darurat bahkan tidak terbakar. Bangunan asrama tersebut juga dikontrol dua kali dalam setahun oleh petugas Kementerian Pendidikan. Pengecekan kali terakhir dilakukan pada Juni lalu. Saat itu bangunan dianggap tidak bermasalah. (AFP/Reuters/sha/c20/any/JPG)

 

Penulis : Penulis 1 Editor : Wahyu Sakti Awan
Apa Reaksi Anda?
 Loading...
Suka
Suka
0%
Lucu
Lucu
0%
Sedih
Sedih
0%
Marah
Marah
0%
Kaget
Kaget
0%
Aneh
Aneh
0%
Takut
Takut
0%